Kamis, 10 April 2008

TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU

TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU

Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu ditunjuk berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan No. 135/Menhut-II/2004 tanggal 4 Mei 2004 tentang perubahan fungsi kawasan Hutan Lindung dan Taman Wisata Alam kelompok hutan Merbabu seluas 5.725 hektar yang terletak di 3 (tiga) kabupaten yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang Propinsi Jawa Tengah menjadi Taman Nasional Gunung Merbabu.
Taman Nasional Gunung Merbabu selain sebagai sumber mata air bagi masyarakat di sekitarnya, juga merupakan habitat flora dan fauna yang dilindungi dan dilestarikan. Sistem pengelolaan Taman Nasional diharapkan mampu untuk melestarikan dan mengembangkan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu sehinga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Tipe Hutan Pegunungan Bawah (1.000 -1.500 m dpl) ditumbuhi oleh vegasi jenis hutan sekunder dengan jenis Pinus (Pinus merkusii), Puspa (Schima noronhae) dan Bintuni.
Tipe Hutan Pegunungan Atas (1.500 – 2.400 m dpl), ditumbuhi jenis-jenis Akasia (Acacia decurens), Puspa (Schima noronhae), Sengan Gunung (Albizia falcataria), Sowo (Engelhardia serrata), Cemara Gunung (Casuarina Montana), Pasang (Quercus sp), dan Tanganan.
Tipe Hutan Pegunungan Sub Alpin (2.400 – 3.142 m dpl), ditumbuhi oleh rumput dan Eidelweiss.


Elang Jawa, Elang Hitam, Alap-alap Sapi, Elang Ular Bido, Ayam Hutan, Tekukur, Gelatik Batu, Kijang, Landak, Musang, Luwak, Monyet Ekor Panjang, Macan Tutul, dan lain-lain.


Taman Nasional Gunung Merbabu terletak pada tempat yang strategis, mudah dijangkau dari berbagai kota di Jawa Tengah, baik dengan angkutan umum, angkutan pribadi, pesawat terbang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas macannya sring muncul d jalur pndakian g??